Banjir Makan Korban, Korsel Akan Larang Rumah Gaya Film Parasite

Banjir Makan Korban, Korsel Akan Larang Rumah Gaya Film Parasite

Jakarta, CNN Indonesia

Korea Selatan gempar karena tiga warga yang tinggal di rumah semi bawah tanah tewas terendam banjir. Pemerintah pun berencana melarang pembangunan rumah seperti yang terlihat di film Parasite itu.

Sejumlah pejabat pemerintah Kota Seoul mengatakan kepada Yonhap bahwa mereka bakal memulai konsultasi dengan pemerintah pusat untuk merevisi Undang-Undang Bangunan.

Mereka mendesak revisi aturan itu agar bisa benar-benar melarang pembangunan rumah bawah tanah atau semi bawah tanah.

Sembari menunggu jadwal pertemuan dengan pemerintah pusat, mereka bakal memerintahkan kantor 25 distrik di Seoul agar tak memberikan izin pembangunan rumah bawah tanah.

Pemerintah Kota Seoul juga berencana memberikan tenggat 20 tahun bagi para pemilik rumah semi bawah tanah agar tak menggunakan bangunan itu untuk tempat tinggal.

Sebagai timbal balik, pemerintah kota bakal memberikan insentif, seperti subsidi biaya perombakan bangunan.

Pemkot Seoul juga bisa membeli properti semi bawah tanah itu untuk kemudian dijadikan gudang atau fasilitas umum lainnya.

Banyak rumah-rumah semi-bawah tanah seperti ini memang tak layak huni. Di film Parasite saja, rumah itu dianggap sebagai simbol ketimpangan kehidupan di Seoul.

Hingga 2020, sekitar 200 ribu atau lima persen dari seluruh rumah di Seoul berbentuk bawah tanah atau semi bawah tanah.

[Gambas:Video CNN]

Keberadaan rumah semacam itu kembali menjadi sorotan ketika tiga warga yang tinggal di bangunan gaya film Parasite itu meninggal kala banjir menerjang awal pekan ini.

Ketiga korban itu berasal dari satu keluarga, yaitu satu ibu berusia 40-an tahun yang dikabarkan menyandang disabilitas, saudara perempuannya, dan keponakannya.

Mereka dilaporkan sempat meminta bantuan ketika banjir mulai masuk ke dalam rumahnya kala hujan deras mengguyur Korsel pada Senin lalu.

Namun, ketika tim penyelamat datang untuk memompa air ke luar rumah beberapa jam kemudian, mereka ditemukan sudah tak bernyawa.

(has)

[Gambas:Video CNN]


Scroll to Top