Blog yang Anda Miliki Bisa Hasilkan Uang? Coba Lakukan Cara Ini

Blog yang Anda Miliki Bisa Hasilkan Uang? Coba Lakukan Cara Ini

Suara.com – Blog merupakan website berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, video, dan foto. Blog juga menjadi salah satu sarana untuk mendapat uang. Namun untuk mendapatkan uang dengan membuat blog memerlukan topik yang telah dipikirkan dengan matang.

Jika anda telah memiliki blog dengan basis pengikut kecil, apakah blog anda memiliki daya tarik luas yang belum dicakup oleh blogger lainnya? Jika ya, bagus! Jika tidak, tidak ada salahnya anda memulai blog baru yang lebih menarik pembaca, mengiklankan blog tersebut agar menghasilkan uang.

Berikut ini cara yang dapat anda lakukan untuk membuat blog agar menghasilkan uang seperti dikutip dari Wikihow, Sabtu (24/9/2022) :

Tips pertama, Menemukan Inspirasi

Baca Juga:
Pemula Wajib Tahu! Cara Daftar Google Adsense Bagi Youtuber dan Blogger

1. Tulis topik-topik yang anda sukai atau benar-benar anda pahami. 

Anda akan lebih mudah mencari uang dari blog dengan topik yang anda sukai, daripada membuat blog dengan topik yang dianggap “menjual” namun anda benci. Topik yang bisa dipilih misalnya hobi, karier, atau pengetahuan spesifik anda tentang suatu hal.

  • Banyak blog yang sukses menyediakan berita dari topik spesifik yang menyasar demografi tertentu. Mashable, sebuah blog yang berfokus pada berita tentang media sosial, dibuat oleh seorang remaja pada 2005 dan kini menarik jutaan dolar dana investor.
  • Banyak blog yang mengunggah video dan gambar lucu tentang topik tertentu. Fail Blog adalah contoh terbaik blog jenis ini. Fail Blog menyediakan cerita tentang contoh kesalahan ketik, kesalahan kelakuan, dan aksi bodoh lainnya. Mereka mendapat dana dari iklan, dan menjual buku yang juga sangat sukses.
  • Beberapa blog berfokus untuk mendapatkan uang untuk memberi tautan ke artikel berita, laman toko atau perusahaan, atau laman web pihak ketiga lainnya. Blog paling sukses yang melakukan hal tersebut adalah Drudge, blog berisi tautan menuju berita konservatif, dan Smashing Magazine yang memberi saran serta ulasan produk bagi pengembang perangkat lunak.
  • Topik lainnya yang umum diangkat oleh blog yang sukses diantaranya bisnis (Business Insider), olahraga (SBNation), gosip selebriti (Perez Hilton) dan musik (Pitchfork).

2. Persempit topik anda dengan memikirkan keuntungan potensial dan target lainnya. Untuk mendapat uang, anda harus mencari celah yang belum dipenuhi oleh orang lain, namun tetap populer untuk menjaring sebanyak mungkin pengunjung. Juga pertimbangkan faktor lain, seperti dana yang harus dihabiskan jika Anda membeli produk untuk diulas.

  • Pilih celah spesifik untuk ditulis, jangan topik umum. Tulislah tentang latihan untuk maraton, jangan artikel kebugaran biasa. Tulislah tentang pembuatan perhiasan kaca, jangan artikel kesenian biasa.
  • Jika Anda ingin menjadi terkenal atau menjangkau pembaca yang luas, Anda harus memilih topik yang sedikit luas dan bekerja keras untuk membuat konten pada topik tersebut. Sub topik terkait kesehatan, keuangan, dan saran hubungan percintaan biasanya menjangkau sebagian besar orang. Pertimbangkan untuk memulai blog dengan topik yang spesifik namun dapat diterapkan secara luas, misalnya pengaturan uang di kampus, atau konseling pernikahan.

3. Carilah blog dengan topik serupa.

Gunakan mesin pencari dan kotak pencarian pada situs penyedia jasa blog untuk menemukan blog dengan topik yang Anda pilih atau yang terkait dengannya. Bacalah artikel dari blog yang paling populer, yang muncul paling atas di hasil pencarian, memiliki komentar paling banyak, dan atau memiliki basis pembaca diatas 20000.

Baca Juga:
Cara Mendaftar Google Adsense untuk Blogger dan YouTuber Pemula

Temukan berapa banyak orang yang berminat pada topik Anda, dan berapa banyak saingan Anda.

  • Jika anda tidak bisa menemukan blog populer yang terkait topik Anda, mungkin Anda memasuki celah yang terlalu sempit. Orang yang tertarik pada sebuah topik akan sering mengunjungi beberapa blog yang terkait, dan setiap blogger dapat menautkan blog mereka satu sama lain untuk mendapat lebih banyak kunjungan ke setiap situs.
  • Jika Anda menemukan blog populer yang mengangkat topik yang persis sama dengan topik Anda, Anda mungkin perlu memilih topik yang sedikit berbeda namun tetap terkait, karena blog Anda akan sulit bersaing dengan blog yang sudah populer tersebut. Buatlah blog yang saling melengkapi dengan blog populer itu, alih-alih mencoba menggeser tempatnya.

4. Tes pengetahuan Anda pada topik yang ingin Anda tulis.

Jika anda tidak yakin tentang pengetahuan anda untuk menulis tentang topik tersebut, tulislah sebanyak mungkin judul artikel sebelum anda membuat blog anda. Jika tidak dapat memikirkan setidaknya tiga puluh judul, anda sebaiknya memilih topik lain yang anda tahu lebih banyak.

Tips kedua, memilih Platform Blog

1. Pertimbangkan layanan blog gratis.

Banyak orang memilih untuk menggunakan layanan populer seperti WordPress atau Blogger. Opsi ini sangat baik bagi orang-orang yang tidak terlalu paham desain web, tidak ingin membayar hosting’ ‘web, atau ingin menikmati kemudahan dan stabilitas yang ditawarkan oleh layanan-layanan tersebut. Layanan gratis ini tentunya memiliki batasan perihal bagaimana anda bisa mendapat uang.

  • WordPress.com mendukung opsi periklanan terbatas, tautan ke PayPal, dan tautan afiliasi terbatas. Mereka tidak akan menyediakan layanan bagi blog yang memasang iklan pihak ketiga, iklan berbentuk banner, blog yang dipenuhi tautan afiliasi, dan iklan-iklan untuk skema cepat kaya, perjudian, MLM, pornografi, atau “pengiklan yang tidak terpuji”.
  • Blogger mendukung iklan melalui Google Adsense, tautan ke PayPal, dan tautan afiliasi terbatas. Jika Anda menggunakan tautan afiliasi berlebihan namun tidak menambahkan konten yang terkait dengan tautan tersebut, atau dibayar untuk menaikkan hasil pencarian orang lain, blog anda akan diberi nilai rendah dalam hasil pencarian dan ini akan menyulitkan Anda mendapat pengunjung.
  • Jika anda tidak mengerti istilah-istilah tersebut, seluruhnya akan dijelaskan pada bagian “Mendapat Uang dari Blog anda” di bawah

2. Pertimbangkan untuk membuat host sendiri untuk blog anda.

Jika anda membeli nama domain, anda harus membeli layanan hosting yang tersedia secara bulanan atau tahunan untuk “menghidupkan” situs anda. Keuntungannya, anda mendapat opsi yang lebih luas untuk menyesuaikan dan mengendalikan periklanan di blog anda, serta akses langsung pada informasi lalu lintas pengunjung blog untuk dianalisis.

  • Jika anda tidak paham mengenai desain web, Anda harus dibantu oleh teman yang lebih mengerti. Blog Anda hosting sendiri lebih rentan terkena serangan peretas atau kesalahan lain karena dikelola oleh pemilik yang tidak bertanggung jawab.
  • Pilih nama domain yang mudah diingat, atau gunakan namaAnda.com jika tersedia apabila Anda adalah seorang penulis atau publik figur.
  • WordPress.org menyediakan perangkat lunak WordPress untuk digunakan di layanan hosting yang Anda beli. Gunakan WordPress jika Anda sudah merasa nyaman dengan WordPress.com, situs penyedia jasa blog yang sudah disebutkan di atas, namun ingin memiliki kelebihan-kelebihannya di situs Anda sendiri.

Tips ketiga, Buat konten yang menarik :

1. Buat dan rancang blog Anda. Jika Anda menggunakan layanan tidak berbayar, banyak sekali tutorial untuk membantu Anda memulai blog Anda, juga forum-forum untuk bertanya jika Anda kebingungan. Jika Anda membuat hosting blog Anda sendiri, Anda mungkin perlu dibantu oleh seseorang yang berpengalaman di bidang desain web untuk merancang web Anda, atau Anda bisa menggunakan perangkat lunak seperti WordPress.org untuk fungsi-fungsi yang sama dengan layanan blog tidak berbayar.

  • Kebanyakan layanan blog gratis menyediakan “upgrade” yang bisa dibeli untuk menambahkan desain tertentu dan banyak keuntungan lainnya. Gunakan versi gratis hingga blog anda sukses.

2.  Tulislah konten yang segar.

Temukan topik anda pada setiap artikel, dan tulislah konten Anda sendiri alih-alih menyalin dan mengubah konten milik orang lain. Pembaca akan datang ke blog anda jika mereka menyukai gaya tulisan Anda dan topik yang Anda tulis, bukan untuk membaca konten basi yang sudah tersedia di tempat lain.

  • Anda bisa menarik pembaca dengan cara mengirim konten yang sebelumnya belum pernah tersedia di Internet, seperti hasil pindai dari buku atau karya seni pra-abad 20. Jangan lupa untuk menambahkan komentar anda pada konten tersebut.

3. Perbarui blog Anda secara rutin. Tidak ada trik yang dibahas pada bagian “Memasarkan Blog Anda” yang akan berjalan jika blog Anda dibiarkan tidak berkembang. Unggah artikel baru setidaknya seminggu sekali, dengan subjek terkait topik Anda yang belum pernah Anda angkat sebelumnya.

Tips keempat, Memasarkan Blog anda

1. Pikirkan kata kunci dari setiap artikel di blog. Kata kunci adalah kata-kata penting yang berhubungan dengan topik dari blog Anda, khususnya sub topik yang Anda angkat setiap kali Anda menulis artikel baru. Memilih kata kunci yang banyak dicari orang akan menaikkan kemungkinan blog Anda ditemukan orang, menarik banyak pembaca, dan menampilkan iklan yang mungkin akan mereka klik.

  • Anda bisa menggunakan Google Keyword Research untuk memperkirakan uang yang diterima Google dari pengiklan untuk kata kunci tertentu.

2. Masukkan kata kunci di tempat yang penting, seperti di judul artikel, di “header” yang menunjukkan bagian artikel baru, beberapa kalimat pertama pada artikel anda, dan pada tautan. Ubahlah pengaturan perangkat lunak blog anda supaya menggunakan judul sebagai URL artikel, alih-alih tanggal anda mengunggahnya. Cobalah membuat kata kunci sedeskriptif mungkin untuk menaikkan peringkat Anda di mesin pencari dan menarik pembaca yang tepat.

  • Kata-kata yang tampil di gambar tidak akan dihitung sebagai kata kunci.
    Jika perangkat lunak blog Anda mendukung fitur “tag” untuk menambahkan kata kunci di setiap artikel, gunakan fitur ini sebanyak dan seakurat mungkin.
    Jika Anda membuat artikel blog dengan HTML, alih-alih melalui perangkat lunak blog, berhati-hatilah dengan “tag” <title>.

3. Kirimkan tautan menuju artikel anda ke jejaring sosial dan direktori blog. Dapatkan pengunjung ke situs anda dengan pembaruan yang aktif ke Facebook, Twitter, dan situs media sosial lainnya. Temukan komunitas blog yang cocok dengan sasaran pembaca anda dan mengirim tautan pada artikel relevan pada komentar mereka, atau forum diskusi yang sesuai topik anda. Hal-hal tersebut membantu mendatangkan pengunjung, selain menaikkan peringkat Anda di mesin pencarian.

4. Ikuti blog terkait dan mintalah tautan silang (crosslinking) pada pemiliknya. Hubungi pemilik blog lain di situs jejaring sosial dan blog mereka, dan bantulah mereka mengiklankan artikel jika target pembaca anda dan mereka saling terkait. Banyak blogger akan dengan senang hati mengirim artikel berisi tautan ke akun Twitter mereka meskipun mereka tidak secara langsung mau mengiklankan blog anda.

  • Jika anda menggunakan layanan hosting gratis, “crosslinking” berlebihan mungkin akan membuat anda dihukum. Gunakan opsi ini hanya sesekali jika kontennya memang relevan dengan target pembaca Anda. Tautan yang sifatnya lebih umum sebaiknya dibagikan di media sosial, bukan di blog.

5. Pasarkan blog anda melalui opsi iklan berbayar jika perlu. Jika anda serius menginvestasikan waktu dan uang untuk blog anda demi mendapat pembaca, anda bisa mengiklankan blog anda di Facebook, membayar untuk mendaftarkan blog anda ke StumbeUpon, atau menjadi pengiklan di Google AdSense atau layanan periklanan lain.

6. Cobalah membuat sesuatu yang akan menjadi viral. Tidak mudah memang, namun mencobanya akan sangat menyenangkan meskipun Anda gagal. Jika anda mempromosikan blog Anda melalui video atau gambar yang menarik minat orang lain untuk membagikannya, dan cukup beruntung untuk bisa menyaingi orang lain yang mencoba hal yang sama, anda akan mendapat banyak pengunjung.
Buatlah sesuatu yang ramah kantong. Kecuali anda menjalankan blog perusahaan, anda tidak mungkin mendapat peralatan mahal atau berlebih. Temukan ide gila yang bisa Anda lakukan bersama teman anda.

Tips kelima, Mendapat Uang dari Blog anda :

1. Pasarkan dahulu blog anda. Teknik mendapat uang yang dijelaskan disini tidak akan berguna jika anda belum mendapat basis pembaca. Bacalah dasar-dasar pemasaran dan periklanan terlebih dahulu, meskipun Anda tidak berencana untuk menempatkan iklan pada blog Anda. Minimal, Anda harus mengirim tautan blog Anda ke media sosial untuk menarik pembaca.

2. Gunakan layanan periklanan berbasis konteks. Setelah blog Anda memiliki konten yang berkualitas dan memiliki basis pembaca, Anda bisa mendapat uang dengan Google Adsense, WordAds, atau layanan periklanan berbasis konteks lainnya. Layanan ini mengambil iklan yang ukuran, jumlah, dan tempatnya Anda pilih sendiri, dan isinya menyesuaikan topik yang Anda tulis di blog. Semakin banyak pengunjung yang mengklik iklan Anda, semakin banyak juga pengiklan akan membayar Anda.

  • Ingatlah bahwa banyak layanan blog hanya mengizinkan anda menggunakan layanan periklanan berbasis konteks milik mereka, dan mungkin menutup blog anda jika Anda melanggar. Jika Anda mengelola hosting blog anda sendiri, anda harus mencari layanan periklanan berbasis konteks yang menampilkan iklan yang pantas. Beberapa layanan mungkin mengizinkan iklan pornografi atau iklan yang tidak cocok dengan blog anda.
  • Pemilihan kata kunci sangat penting saat menggunakan layanan periklanan pihak ketiga, karena iklan dipilih berdasarkan kata kunci yang ada pada blog anda. Kata kunci yang tidak cukup atau tidak sesuai akan menghasilkan iklan yang tidak sesuai minat pembaca anda.
  • Jika anda merasa kesulitan untuk diterima Google AdSense, Anda bisa mencoba alternatif layanan periklanan berbasis konteks lainnya untuk mendapat uang dari blog Anda, semisal Media.net, BuySellAds, Chitika, Infolinks, dll.

3. Buatlah toko daring jika memungkinkan. Jika anda menulis tentang kesenian, buatlah toko melalui Etsy atau layanan serupa untuk menjual karya seni anda. Jika anda adalah seorang penulis atau ilustrator, carilah situs yang mau menjual kaos dengan slogan atau ilustrasi Anda. Banyak jenis blog tidak terikat pada jenis produk tertentu. Anda tidak perlu menjual apapun untuk mendapat uang, namun jika Anda bisa menjual sesuatu, lakukanlah.

4.Izinkan pembaca untuk membeli produk anda, atau menyumbang pada hal-hal yang Anda anggap penting melalui blog Anda. Jika Anda memiliki toko daring yang menjual hasil karya Anda, atau membuat desain kaus yang tersedia di situs tertentu, pajanglah tautan pada situs tersebut. Memasang tombol PayPal untuk donasi/pembelian cepat sangat umum untuk mendapat uang dengan blog kreatif, atau blog yang memberi saran gratis bagi orang yang tidak mampu.

  • WordPress hanya bisa menggunakan setelan tombol PayPal tertentu. Jangan gunakan opsi kustomisasi apapun selain gambar Anda sendiri jika diperlukan. Gunakan alamat surel utama Anda, bukan “secure merchant ID” Anda jika Anda memilikinya. Terakhir, salin dan tempel kode di bawah kotak surel, bukan merchant. 

5.  Pertimbangkan untuk menggunakan program afiliasi. Dengan menemukan program yang cocok dengan blog Anda, Anda setuju untuk menautkan produk pihak ketiga di blog Anda, dan Anda akan dibayar setelah ada pembeli yang membeli produk melalui tautan Anda. Anda bisa memilih perusahaan afiliasi dengan mencari di direktori seperti Clickbank, atau mencari afiliasi di situs-situs perusahaan untuk program afiliasi. Pilihlah program afiliasi setelah mempertimbangkan faktor berikut ini:

  • Jika anda menggunakan layanan blog gratis, Anda harus menulis konten yang relevan dengan sedikit tautan afiliasi untuk mencegah blog Anda ditutup. Jika Anda hanya tertarik untuk menulis ulasan pendek sebuah produk untuk memasang tautan afiliasi, Anda harus membeli nama domain sendiri. Cara tersebut memang lebih mudah untuk mencari uang, tapi tidak selalu dapat diandalkan.
  • Pahami aturan main penyedia layanan untuk mengetahui apakah mereka membayar orang pertama atau terakhir yang mengirim tautan. Jika Anda dibayar jika Anda menjadi pengirim tautan terakhir, jangan pasang tautan ke laman lain, seperti ulasan blogger lain.[16]

6. Pilih produk afiliasi yang anda yakin akan dibeli oleh pembaca blog Anda. Kelihatannya memang jelas, namun Anda tetap harus memikirkannya. Jika anda menulis blog tentang masakan, sarankan produk dapur rumahan, bukan produk untuk chef profesional. Pikirkan apa yang seorang penggemar akan beli, bukan apa yang akan dipakai para praktisi di bidang anda.

7. Pastikan pembaca mengetahui Anda sedang terafiliasi. Di AS dan negara lainnya, Anda diharuskan untuk membiarkan pembaca mengetahui bahwa Anda menerima keuntungan material dari pembuat produk. Keuntungan tersebut termasuk pembayaran tautan afiliasi dan hadiah-hadiah yang ditawarkan untuk mengulas sesuatu.

8. Jujurlah dan gunakan banyak konten saat menautkan tautan afiliasi ke blog Anda. Tulislah konten Anda sendiri dan rekomendasikan produk yang memang Anda pernah pakai dan Anda sukai. Berikan ulasan yang jujur termasuk kelemahan produk, layaknya Anda merekomendasikan suatu produk pada teman Anda. Jika Anda benar-benar tidak menyukai suatu produk, jangan sebutkan produk tersebut atau menautkan pada produk itu.

  • Memberi tautan ke produk pada gambar atau teks di tengah paragraf adalah cara yang baik agar orang melihat tautan anda.
  • Jika anda menggunakan Blogger, ketahuilah aturan main mereka, atau Anda akan ditempatkan di bawah pada hasil pencarian mereka. TAnda <a> yang mengandung tautan afiliasi harus menggunakan tAnda yang mencegah referal Anda menaikkan hasil pencarian mereka: <a rel=”nofollow”>.

Kendati demikian jika anda ingin memiliki nama domain tapi tidak ingin repot mengurus situs, buatlah blog di layanan tidak berbayar dan belilah nama domain yang terhubung pada blog Anda. Hubungi layanan hosting anda jika anda tidak tahu caranya.

Jika anda tertarik mengulas topik luas yang telah banyak diangkat orang lain, buatlah beberapa blog terpisah dan tautkan jika subjeknya saling bersinggungan. Misalnya, jika anda seorang ahli nutrisi, buatlah blog tentang mengatur berat badan dengan cara sehat, kemudian tentang nutrisi anak-anak, dan tentang menanam sayur sendiri.

Tulislah beberapa artikel dalam sehari atau seminggu dengan kata kunci yang telah Anda riset sebelumnya.
Lakukan riset topik dengan peralatan seperti Google Trends, Google Keyword Search Tool, WordTracker, dll, dan lihatlah apakah pengguna mencari kata kunci tentang topik yang sama. Jika ada banyak kata kunci serupa, persaingan anda akan sangat susah.

Saat memilih nama domain, gunakan nama yang mudah diingat dan mengandung kata kunci yang banyak dicari orang. Ujilah kata kunci anda sebelum memesan nama domain untuk melihat kata kunci mana yang hasil pencariannya paling banyak. Selamat mencoba !

Scroll to Top