Mengenal Apa Itu Google Bard, Chatbot Berbasis Al Multibahasa Jadi Pesaing ChatGPT

Mengenal Apa Itu Google Bard, Chatbot Berbasis Al Multibahasa Jadi Pesaing ChatGPT

Suara.com – Google telah meluncurkan Bard, yakni chatbot berbasis Al (Artificial Intelligence). Lantas, apa itu apa itu google bard? Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasannya lengkap dengan fungsi dan keunggulannya.

Diketahui, Bard sama seperti ChatGPT (Bing chatbot), Bard menampilkan antarmuka yang sederhana berupa kolom teks kosong, yang berfungsi untuk mencari tahu berbagai topik. Meski demikian, Google menegaskan bahwa Bard bukan pengganti search engine, melainkan hanya “pelengkap”. 

Nah untuk selengkapnya, berikut ini ulasan mengenai apa itu Google Bard lengkap dengan fungsi dan keunggulannya yang dilansir dari berbagai sumber.

Apa Itu Google Bard 

Baca Juga:
Chatbot Amanda Mudahkan dalam Membeli Sepeda Motor Honda

Google Bard adalah layanan obrolan AI yang disupport Google’s LaMDA (Language Model for Dialogue Application). Brad merupakan AI Generatif yang dapat menerima maupun bertugas berbasis teks hingga membuat format konten.

Google Bard ini sepintas menyerupai ChatGPT. Adapun Google Bard ini kali pertama diperkenalkan ke publik tanggal 6 Februari 2023 oleh Sundar Pichai selaku CEO Google.

Fungsi dan Keunggulan

Fungsi Bard yaitu untuk mencari beragam topik sesuai informasi yang ada di internet dan memberikan referensi link terkait informasi yang dicari untuk memperoleh informasi lebih dalam. 

Google Bard ini sangat berguna dalam meningkatkan keterampilan menulis. Selain itu, ada berbagai keunggulan lainnya yang bisa diperoleh dengan menggunakan Google Brand. Adapun keunggulannya sebagai berikut:

Baca Juga:
Canggih! 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan dengan Bantuan ChatGPT

1. Multibahasa

Bard Google memiliki keunggulan dalam menerjemahkan 100 bahasa lebih, sehingga memungkinkan mendapatkan jawaban yang lebih relevan dan komprehensif bagi pengguna Brad.

2. Akses Informasi Lebih Banyak

Bard mempunyai akses informasi yang lebih banyak, termasuk buku, jurnal, artikel dan hal-hal lainnya dari berbagai website. Hal ini tentu membantu dalam menemukan jawaban yang lebih detail, akurat dan terperinci. 

3. Terintegrasi Google Assistant

Bard telah terintegrasi dengan Google Assistant, yang mana memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan langsung lewat asisten suara (google assistant. 

4. Fokus Topik Tertentu

Bard  bisa difokuskan untuk topik tertentu, seperti sejarah, sains, teknologi, atau lainnya. Hal tersebut memungkinkan pengguna Bard untuk mendapatkan jawaban lebih spesifik serta mendalam mengenai topik yang sedang dicari. 

5. Keamanan Data Pengguna Terjamin

Bard menjamin data pengguna aman dengan dengan adanya fitur enkripsi data serta privasi pengguna. Sehingga pengguna pun tak perlu khawatir datanya akan disalahgunakan.

Demikian ulasan mengenai apa itu Google Bard lengkap dengan fungsi dan keunggulannya. Apakah kamu tertarik menggunakan Google Bard? 

Kontributor : Ulil Azmi

Scroll to Top