Viral Tentara Maroko Rayakan Timnas Bekuk Spanyol di Medan Perang

Viral Tentara Maroko Rayakan Timnas Bekuk Spanyol di Medan Perang

Jakarta, CNN Indonesia

Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan sekelompok tentara di medan perang kegirangan saat menyaksikan timnas Maroko membekuk Spanyol di laga 16 besar Piala Dunia 2022 pada Selasa (6/12) via ponsel mereka.

Dalam rekaman video yang diunggah akun Twitter @MaroccoIntel terdengar suara beberapa personel diduga tentara Maroko berteriak kegirangan saat menonton laga Maroko vs Spanyol dari ponsel mereka di sebuah benteng buatan yang diduga berada di zona konflik.

Layar ponsel mereka terlihat menayangkan Achraf Hakimi hendak menendang bola ke gawang Spanyol saat adu penalti.

“Kebahagiaan mengendap di tembok pertahanan Maroko,” tulis caption akun itu.

AKin itu kemudian melanjutkan, “Terlepas dari serangan berulang Polisario dari Tindouf, tentara Maroko merayakan gol Achraf Hakimi melawan Spanyol.”

Saat Hakimi berhasil menembus gawang Spanyol, tentara Rabat bersuka ria.

“Haaaaaa aaa,” teriak salah satu tentara di rekaman tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Dalam adu penalti itu, tiga pemain Spanyol gagal membobol gawang Maroko.

Sementara itu, Maroko hanya satu kali gagal. Maroko pun menjadi timnas Afrika pertama yang berhasil maju ke per delapan final Piala Dunia 2022 setelah menang penalti 3-0 atas Spanyol.

Para tentara Maroko itu diperkirakan tengah berjaga di perbatasan negara, di Sahara Barat, untuk mencegah serangan kelompok pemberontak yang ingin memerdekakan diri, Front Polisario.

Pada November 2020 lalu, pemerintah Rabat meluncurkan operasi untuk mengakhiri provokasi Polisario, demikian dikutip Al Jazeera.

Sahara Barat merupakan wilayah di pantai Atlantik Afrika dan Maroko menguasai 80 persen daerah ini.

Maroko mengklaim Sahara Barat bagian wilayahnya. 

Namun, kedaulatan wilayah itu disengketakan Front Polisario. Mereka telah berperang melawan pemerintah dari 1975 hingga 1999 untuk menuntut referendum.

Kelompok pemberontak ini juga didukung Aljazair. Di sisi lain, Aljazair dan Maroko punya riwayat konflik. Kedua negara saat ini pun tidak memiliki hubungan diplomatik setelah putus pada 2021 lalu.

(isa/rds)




Scroll to Top