Viral Video Horor Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2022, Begini Faktanya

Viral Video Horor Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2022, Begini Faktanya

loading…

Sebuah video amatir kemacetan arus mudik 2022 viral di medsos ternyata hoaks. Foto/Tangkapan Layar/Istimewa

JAKARTA – Sebuah video amatir warga yang menunjukkan kemacetan yang cukup panjang viral di media sosial. Kemacetan itu diduga terkait peningkatan arus mudik lebaran Idul Fitri 2022 di sejumlah jalan tol.

Berdasarkan rekaman video tersebut, nampak kemacetan cukup panjang terjadi. Kemacetan itu hanya terjadi pada satu arah dan arah sebaliknya ramai lancar. Alhasil, video tersebut menjadi perbincangan warganet terkait penanganan pemerintah dalam mudik tahun ini. Baca juga: Hari Ini Uji Coba Ganjil Genap Diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek

Merespons video tersebut, Corporate Communication and Community Development Group Head, Dwimawan Heru Santoso mengatakan video itu bukanlah kemacetan arus mudik Idul Fitri 1443 hijiriah.Video itu diambil sebelum bulan Ramadhan di salah satu tol di Jakarta.

”Kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022,” kata Dwimawan melalui keterangan tertulisnya dikutip SINDOnews, Senin (25/4/2022). Baca juga: Mulai Hari Ini Rest Area Motor di Bekasi Dibuka! Ingin Istirahat Silakan Mampir

Ia menjelaskan, pada saat itu terjadi kepadatan lalin arah Jakarta yang merupakan imbas dari lalu lintas one way dari wilayah Puncak menuju ke arah Jakarta.Hal ini berdampak pada sejumlah jalan tol yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jagorawi.

Di antaranya Jalan Tol JORR yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek. ”Untuk mencairkan kepadatan tersebut, berdasarkan diskresi Kepolisian, saat itu memberlakukan contraflow di Jalan Tol Jagorawi mulai dari Km 17-Km 8 (Cimanggis s.d Pasar Rebo),” ucapnya.

(ams)

Scroll to Top