Gunung berapi maju di Jawa Timur meletus

Jakarta: Gunung Semeru, gunung berapi tertinggi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia meletus hari ini memancarkan awan asap setinggi 4.500 meter ke udara sekitar jam 5.24 petang waktu Indonesia Timur.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB), gunung setinggi 3.676 meter itu kini dikategorikan sebagai tingkat dua atau status waspada, menambahkan bahawa Survei Vulkanologi Indonesia (PVBMG) sedang melakukan penilaian lebih lanjut mengenai letusan tersebut.

Penduduk kampung yang tinggal di kawasan sekitarnya seperti di Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan diperintahkan untuk berhati-hati dan menjauhkan diri dari kawasan gunung, katanya.

Menurut data PVBMG, terdapat lebih dari 70 gunung berapi aktif di Indonesia, tujuh di antaranya telah meletus dalam dua tahun terakhir. Mereka adalah Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Gunung Merapi (Jawa Tengah), Gunung Kelud (Jawa Timur), Gunung Sinabung (Sumatera Utara), Gunung Bromo (Jawa Timur), Gunung Soputan dan Gunung Lokon – BERNAMA

Malay News
International Desk